Rabu, 01 Mei 2013

HONGKONG Disneyland

Yes, Hongkong We're Coming!!!! Setelah beberapa thread tentang berbagai macam wisata di Hongkong, ada satu yang wajib untuk dikunjungi juga, Disneyland. Theme Park ini ada di banyak negara dan yang paling dekat dengan Indonesia, tentu saja di Hongkong. Berapa lama waktu perjalanannya? dari Jakarta menuju Hongkong International Airport, anda akan menempuh penerbangan selama kurang lebih 5 jam saja. Cukup dekat? Yuk siap-siap.
 
Pernah atau bahkan sering dong nonton kartun dan film animasi buatan Disney? Tentu saja, kalau disebutin satu-satu pasti banyak banget deh tokoh kartun dan film animasi karya Diseny. Ada di antaranya adalah Micky Mouse, Donald Duck, terus apa lagi? (katanya banyak banget, heheh maaf kalau disruruh nyebutin mendadak nggak kepikiran). Dan tentunya film animasi yang selalu lekat tak lekang oleh waktu :). Ada sleeping beauty, pinokio, mulan, beaty and the beast, toy story daaan masih banyak lagi. 
 
Walau sudah nggak kecil lagi, kartun dan animasi Disney pasti masih jadi primadona sampai saat ini. Masih tetap menarik, bahkan untuk yang dewasa sekalipun. Buat yang mau kangen-kangenan dan cinta banget sama tokoh-tokoh kebanggaan Disney, yuk ke Disneyland. Wisata yang pastinya seru dan pas buat keluarga. Bawa anak bagi yang udah punya ya pasti tepat deh.
 
Seperti yang dibilang sebelumnya, paling dekat Disneyland itu ada di Hongkong. Nggak terlalu besar seperti Disneyland tempat lain, tapi worth dan pastinya ada wahana yang cuma ada di Hongkong Disneyland kayak taman main Toy Story Land. Seperti apa serunya?
 
How to Get There
Sebelumnya, kita bahas dulu bagaimana menuju Disneyland. Dari Hongkong International Airport atau HKIA kita tinggal naik saja MRT yang arahnya menuju Stasiun Sunny Bay. MRT tersebut warnanya orange. Pokoknya dari sana tinggal duduk manis sampai di Sunny Bay Station.
 
Dari Sunny Bay Station, ini sudah gampang dan pastinya hawa Disneyland sudah tercium. Tentu saja, anda tinggal naik kereta yang disediakan khusus untuk menuju Disneyland. Keretanya yang mana mbak? Ada tulisannya ke Disneyland gitu? Tenang aja, karena kereta yang akan membawa anda ke sana bisa anda kenali sekali anda melihat. Ikon Disney, kepala Micky Mouse akan menghiasi kereta tersebut sebagai jendelanya. 
 
Nah, perjalanan menuju Disneyland akan sangat menyenangkan. Di kiri dan kanan jalan, anda akan menemukan pemandangan taman yang hijau dan warna warni asri, bersih, pokoknya indah. Nah, yang menariknya, untuk yang membawa kendaraan pribadi, karakter kartun-kartun Disney akan menjadi rambu-rambu lalu lintas. Yuhuu lucu-lucu deh.
 
What's inside?
Nyampe deh di Disneyland, anda akan disambut dengan aneka wahana yang bisa anda pilih. Nah, beberapa area yang ada di Disneyland Hong Kong lengkap dengan wahananya, ini dia:
 
1. Toy Story Land
Pernah menonton Film Animasi Toy Story kan? Nah, di Disneyland Hongkong, Toy Story termasuk wahana yang baru dan wajib untuk dinikmati. Kenapa begitu? Karena di sini termasuk pusat wahana yang memacu adrenalin. Buat anda yang suka dengan wahana seperti itu, merapat yuk ke Toy Story Land.
 
Masuk ke dalamnya anda akan terlebih dahulu melewati terowongan dan di sisi jalan tumbuh rumput tinggi-tinggi serta tentunya anda akan disambut oleh Woody, mainan Andy di Toy Story. Bedanya, kali ini Woody yang berukuran jauh lebih besar dari anda. Konsep Story Land ini adalah semua yang datang ke wahana ini adalah mainan Woody sehingga kita memang terlihat sangat kecil di sini. 
 
Lucunya lagi, Woody tidak hanya melihat ke arah anda dan tersenyum, tapi Woody juga bisa mengucapkan selamat datang lho. Selain Woody, wahana ini menyediakan aneka mainan raksasa yang bisa anda naiki. Sebagian besar memang wahana yang memacu adrenalin, tapi bukan berarti anak-anak nggak bisa main. 
 
Toy Story Land di Disneyland Hongkong ini terdapat juga telapak kaki si pemiliki mainana alias Andy, lho. telapak kakinya tentu bukan telapak kaki anak berusia 8 tahun yang sebenarnya. Telapak kaki Andy jauh lebih besar dengan ukuran sekitar 10 meter kurang lebih. Wahhhh...
wahana yang paling aman untuk semua umur adalah Slinky Dog Spin. Yes, Slinky akan berputar-putar seolah ia mengejar ekornya sendiri. Anda berada di badan Slinky dan selama bermain wahana ini, anda akan ikut berputar dengan track yang juga naik turun. Tambah seru lagi karena anda akan ditemani suara gonggongan Slinky yang menggemaskan.
 
Selain Slinky Dog Spin itu, ada juga lho atraksi menarik untuk anak-anak. nama  atraksi ini adalah Toy Story Boot Camp. Atraksi ini adalah atraksi berupa karakter mainan Andy yang dimainkan oleh para petugas. Serunya lagi, mereka akan berinteraksi dan mengajak anak-anak untuk ikut bermain. Selain atraksi ini, masih ada sejumlah atraksi lain yang ada di Toy Story Land ini. Jika anda mencari hal lain, tentu saja foto-foto tak boleh ketinggalan :)
 
Nah, saatnya yang dewasa bermain. Untuk permulaan coba wahana cukup ekstrem seperti Histeria di Dufan, Ancol. Nama wahana kali ini adalah Toy Soldier Parachute Drop. Yap, ada wahana yang didesain army atau tentara dan berbentu parasut yang siap terbang. Jadi, anda akan diajak ke atas udara melayang dulu setinggi kurang lebih 25 meter.
 
Siap-siap dijatuhkan dari atas dan anda akan merasakan sensasinya. Kaki anda tentu saja menggantung. dan anda bisa menikmati pemandangan Disneyland Hong Kong dari atas. Worth deh.
 
Dan satu lagi wahana wajib buat yang suka memacu adrenalin, RC Racer. Pernah naik kora-kora di Dufan? Kurang lebih seperti itu, tapi tunggu dulu. Yang ini agak berbeda. Ada lintasan berbentuk  dengan derajat kemiringan yang nyaris 90 derajat. Nah, di lintasan yang cukup panjang, tegak, dan tinggi itu anda akan beraksi.
 
13322397192027880171.jpg
 
Duduk dengan manis dan dengan seat belt yang aman, anda akan mulai meluncur hingga ke ujung puncak lalu mundur lagi hingga ke ujung lainnya. dan sensasi inilah yang tak terlupakan. Pokoknya keluarkan energi untuk teriak sekenceng mungkin dan melepas stres anda. 
 
Main Street USA
Di sinilah yang menjadi pusatnya parade seru dan ramai. Flights of Fantasi Parade akan berada di jalanan sini. Jika anda ingin nyaman, maka cari tempat yang strategis dan juga tentunya menjadi tempat yang pas untuk hunting foto.
 
Parade ini akan membuat seluruh jalanan di Main Street USA ini diblok dan akan digunakan para pemain untuk beratraksi dan menyapa pengunjung. Tentu saja penuh dengan warna, lucu, dengan lagu-lagu ceria menyenangkan. Di sinilah anda akan bertemu dengan kaakter Disneyland dan melihatnya dari dekat.
 
3. Small World, Golden Mickey, Lion King
Buat yang bawa anak-anak ini pas banget dibawa ke wahana ini. Ada beberapa wahana yang lebih mirip pertunjukan teater yang lucu dan menggemaskan. Small World misalnya ini mirip dengan istana boneka yang lucu-lucu yang akan mengajak anak-anak mengenal aneka negara dan masyarakatnya.
 
Selain Small World, ada juga pertunjkan Lion King. Nah, pertunjukan megah yang berlangsung cukup lama, yaitu sekitar 30 menitan. Nantinya akan ada cerita yang dimainkan para pemain yang asalnya dari berbagai negara. Tak tanggung-tanggung karena boneka animasinya berukuran super besar sehingga membuat anda tercengang karena takjub.
 
Di advanture land, jangan lewatkan juga menaiki wahana Jungle River Cruise. Wahana ini adalah wahana di mana anda bisa menikmati pemandangan hutan yang masih ditinggali satwa liar dengan kapal dan berkeliling layaknya menjelajah hutan belantara sungguhan.
 
Jika ingin menikmati pertunjukkan lainnya, mari ke Fantasy Land. Di sini, sejumlah pertunjukkan terkenal ada dan banyak diburu pengunjung. Yang menjadi paling populer di antara lainnya adalah MickeyPhilharmagic. 
 
Pertunjukkan film dengan format 4D akan membuat suasana menonton anda lebih seru dan mengesankan. Nantinya akan diputar film dengan karakter Disney yang lucu-lucu. Ada Micky Mouse, Donald Duck, dan sebagainya. Yang lebih serunya karena format 4D tersebut. Jadi anda bukan hanya sekedar menonton tapi bisa langsung merasakan efek di film yang sedang diputar. Wah seru kayaknya bisa ikut kecipratan air, dengar suara-suara aneh sampai nyium bau seperti karakter di film sedang rasakan. Worth lah.
 
147882_istana-sleeping-beauty-disneyland
 
Di Fantasy Land ini juga terdapat bangunan-bangunan lucu seperti yang ada di film dan kartun Disney. Pokoknya kalian bisa berpose sepuasnya di sini dengan latar kastil dan sebagainya bak di negeri dongeng. Wah kalau ke Disneyland emang wajib foto-foto karena lucu banget.
 
4. Tomorrow Land
Tomorrow Land ini wahana yang paling populer adalah Stitch Encounter. Tahu kan tokoh Disney tersebu? serunya, Stitch bisa berinteraksi dengan kalian. Wah gimana ya? jadi nanti kalian akan masuk ke dalam sebuah ruangan dan kemudian ada layar yang besar seperti di teater-teater. Nanti Stitch akan muncyl di sana dan akan berinteraksi dengan kalian. Seru kan> Gimana interaksinya? datang dan cobaik karena Stitch juga bisa diajak foto bareng. Keren kan? Teknologi mutakhir ini juga membuat Stitch bisa 3 bahasa, Inggris, Kanton, dan Mandarin. Wiiihhh...
 
Selain Stitch, ada juga lho Space Mountain yang isinya Roller Coaster. Nah kalau kurang puas main di Toy Story Land, ya coba aja main ke Space Mountain ini. Astro Blasters, juga wahana rekomendasi yang cukup menarik. Pokoknya banyak banget wahana di sini yang bisa anda pilih.
 
5. Grizzly Gulch
Yang baru yang baru dari Disneyland Hong Kong. Ada wahana yang baru diresmikan Juli tahun 2012 lalu, nama wahana ini adalah Grizzly Gulch. Di sini, anda akan menikmati wahana roller coaster tapi dengan tema yang unik. Temanya seperti di hutan liar di mana ada beruang grizzly di dalamnya.
 
Ada sensasi baru ketika anda mencoba menaiki mountain runaway mine cars yang ada di wahana ini. Kecepatannya tinggi tapi berjalannya atau melesatnya tidak hanya lurus tapi berkelok-kelok. Kereta yang anda naiki akan menghindar dari beruang grizzly tersebut. Selain itu, tentu masih bisa foto-foto dengan karakter Disney yang berkeliling di mana-mana.
 
Disney in the Stars Fireworks
Nah puncaknya ke Disneyland Hong Kong ya tentunya adalah Fireworks nya. Ini wajib banget makanya jangan pulang sebelum fireworks digelar. Fireworks ini adalah penutup dari rangkaian wahana yang ada di Disneyland. Jadi, setelah kembang api itu berhenti, artinya anda tidak akan bisa naik wahana apapun lagi.
 
Menyaksikan fireworks di Disneyland ini nggak akan rugi, karena memang keren dan cantik banget. Pertunjukkan kembang api ini bukan tanpa cerita, lho. Jadi kalau kebanyakan pertunjukkan kembang api hanya menyala dan menghias langit saja, di Disneyland Hongkong ini ada alur ceritanya. Ada musik yang mengiri dan si kembang api akan menyesuaikan dengan irama lagunya. Wah keren deh... Pertunjukkan kembang api ini biasanya berlangsung pada pukul 8 malam. 
 
6435593423_5abeab27f1_z.jpg
Letaknmya ada di kastil Putri tidur alias Sleeping Beauty di Fantasy Land. Nah kalau ke sini jangan lupa udah cari tempat dari minimal 1 jam sebelumnya. Karena memang ramai dan biar dapet spot yang paling oke deh.
 
Oleh-oleh
Mau bawa souvenir? Jangan khawatir. Di sini banyak banget yang bisa kalian bawa. Misalnya masuk ke Toy Story ada juga toko souvenir di sana. Atau nih, saat malam hari setelah kembang api selesai, para pengunjung akan beralih memadati toko souvenir yang ada di sini. Wah asli padat banget. Jadi kalau nggak mau sumpek-sumpekan, nyari souvenirnya dari siang aja.
 
Oya ada souvenir yang murah lho. Jadi kita tukar sebuah koin seharga 10 HKD. nanti koin itu kita masukkan ke dalam mesin press koin yang ada di beberapa tempat, bisa lihat di peta Disneyland. Nah masukkan saja, nanti koin tersebut akan berubah. Berubah dalam artian akan ada cetakan gambar yang lucu-lucu. Jadi bisa dibawa pulang buat souvenir.
 
Savety
Kalau berkunjung ke Theme Park seperti ini mungkin banyak yang bertanya-tanya soal keamanannya. Yah, secara umumnya Disneyland Hong Kong cukup dikenal baik dan aman. Anda tak perlu khawatir karena di sini, para insinyur, keamanan selalu mengontrol dengan ketat semua wahana.
 
Bahkan nih, batu bata yang ada di depan gerbang saja akan langsung diganti jika sudah retak sedikit. Menurut banyak cerita, pihak pengelola akan memeriksa detil setiap kali Disneyland tutup. 
 
Harga tiket
Oya dari tadi belum bahas harga tiket. Harga tiket masuk di hari biasa dan akhir pekan beda ya. Hari biasa harga tiketnya sekitar HKD 295 buat orang dewasa dan juga HKD 210 buat anak-anak. sekitar 200 hingga 300 ribuan lah ya. kalau weekend jadi ekitar 300 ribuan buat anak-anak dan 400 ribuan buat dewasa. Cukup worth, Dufan di Ancol aja udah hampir 200 ribu, kan? :hammer:
 
Tips
Biar perjalanan kalian ke Disneyland seru dan nggak rugi, ada baiknya perharikan beberapa tips berikut ini. 
 
1. Datang tidak di hari libur atau weekend
Wah, Disneyland di hari libur atau weekend? Bayangkan saja seperti halnya Dufan di hari libur. Yah, waktu anda bisa-bisa akan habis untuk mengantri di setiap wahana. Jangankan di wahan, foto-foto dengan para boneka karakter Diseny pun pastinya ngantri banget.
 
Hari libur atau Weekend tentunya akan begitu padat dan sangat ramai. Tidak nyaman bermain di banyak wahana, terlebih lagi jika membawa anak kecil yang mudah bosan dan lelah. Ngantri kelamaan akan membuat mereka jenuh hingga rewel. Kalau udah begini, wah bisa repot deh.
 
Selain itu, weekend atau hari libur, harga tiket akan lebih mahal. Seperti dibilang sebelumnya,. sekitar 350 HKD anda harus merogohnya dan sekitar 250 HKD untuk anak-anak. Kalau dirupiahkan saat ini sekitar Rp 300.000 hingga Rp 440.000. 
 
2. Atur itinerary
Yah, ke Theme Park aja pake atur itinerary? hm.. saya sarankan iya. Kenapa begitu? Banyak wahana yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi harga segitu mahal terus cuma abis waktu buat ngantri? Rugi nggak ya kira-kira? Nah makanya, salah satu cara ya atur itinerary perjalanan anda.
 
Sebelum ke sini, coba cari informasi terlebih dahulu tentang wahana disneyland (sudah disebutkan di atas) setelah itu cari hal-hal lain yang berkaitan dan tentukan mau naik wahana apa dulu.
 
3. Kunjungi wahana terpopuler dulu
Kalau jauh-jauh dengan kondisi yang padat, sebaiknya tentukan mencoba wahana yang populer terlebih dahulu. Ini karena biar anda nggak rugi. Anda masuki dulu wahana-wahana penting baru nanti sisanya yang lain. Kalaupun nggak keburu semua, setidaknya semuanya yang penting atau populer sudah anda coba, ya kan?
 
4. Datang Pagi hari
Nah, kalau ke Disneyland, lebih baik anda datang pagi-pagi. Disneyland buka sekitar jam 10 pagi jadi kalau bisa anda memang sudah siap di sekitar jam segitu, ini untuk weekend ya. 
 
Nggak ada ruginya datang ke Disneyland pagi-pagi. Pertama, anda bisa menikmati wahana sebelum antrian panjang yang melelahkan dan membosankan. Kedua, udara lebih segar tentunya walaupun memang secara keseluruhan udara di sini dingin. Ketiga, lebih punya banyak waktu dan kesempatan nikmati semua wahana di sini. Keempat, bisa lebih santai dan save energy. Ya pastinya kalau pagi, anda bisa istirahat sejenak agar bisa full di sini hingga malam. Nah, nggak ada ruginya kan??
 
5. Sarapan terlebih dahulu
Sebelum masuk ke dalam Disneyland, sebaiknya isi perut dulu atau sarapan. Anda tidak diperkenankan membawa masuk makanan dari luar. Tentu saja karena anda diminta membeli dan menikmati makanan di restoran dan cafe yang ada di dalam Disneyland. Selain itu juga, anda diminta menjaga kebersihan dalam Disneyland dengan tidak membawa makanan ke dalam. Makanya, agar bisa lebih hemat dan tentunya tetap terjaga stamina untuk bermain seharian.
 
6. Jika terlalu padat, curi waktu untuk main wahana
Butuh trik buat nikmatin wahana kalau lagi ramai dan padat. Salah satunya, anda bisa bermain wahana saat parade sedang berlangsung. saat itu, perhatian para pengunjung sebagian besar akan pada parade. Nah, anda yang tak tertarik dengan parade atau memang terlalu penuh untuk menikmatinya, langsung saja cari wahana lain agar tidak buang waktu. Optional, tergantung anda suka parade atau tidak.
 
7. Makan saat bukan jam makan siang
Datang saat hari libur memang harus bersedia mengatur banyak hal agar tidak sia-sia. Nah, kalau mau makan yang biar nggak ngantri karena memang pastinya ramaaaiii saat jam makan siang, pilih waktu makan di luar jam makan siang. Misalnya, jam 11 atau setelah jam 1. Kalau datang pas jam 12 dan sekitarnya wahhh bisa-bisa nggak dapet tempat atau nunggu pesanan yang laammmaaaa....
 
8. Minimal 1 jam sebelum fieworks, sudah dapet tempat
Nah yang nggak kalah penting adalah cari spot yang paling strategis untuk menyaksikan fireworks. Nggak mau dong tentunya nggak dapet momen keren.Ini salah satu yang wajib banget ditonton di Disneyland Hongkong jadi kalau sampai nggak nonton ini rasaya pasti hambar.
 
Nah, minimal 1 jam sebelum fireworks dimulai, cari deh tempat gelar tiker juga nggak apa-apa kok. Banyak yang melakukan ini dan pastinya ini akan membantu anda. Jangan lupa, siapin tripod, kamera, dan barang lainnya yang diperlukan.
 
 
9. Siapkan Stamina
Yes, ini paling penting. Jadi yah kalau mau ke Disneyland emang paling  enak dan paling puas dari pagi sampai tutup. Puncaknya itu kan kembang api dan malem jadi sayang kalau pulang duluan. Biar puas dan tetap segar, terutama bawa anak-anak siapin stamina. Tidur yang cukup dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar