Selasa, 12 Juni 2012

MELATIH ANJING PUP PEE DAN MENGEMUKAN ANJING

3 hari ini saya mendapatkan email dr para pecinta anjing, baik itu tentang anjing mereka yang tidak mau gemuk, bagaimana mengajari pup dan pis, dan bagaimana anjing jalan supaya tidak menarik. Sebenarnya, bila diperhatikan, hal-hal seperti ini selalu dipertanyakan, dari satu owner ke owner berikutnya, dan juga sama waktu saya adakan seminar, selalu pertanyaan seperti ini sering dilontarkan.
Saya kadang dan sering menanyakan kembali kepada para owner/pemilik anjing, sehingga saya sering dianggap tidak sosial, tidak bersahabat, atau aneh. Saya selalu bertanya kembali ke mereka, " apakah waktu mereka mau mengadopsi seekor anjing, apakah mereka tidak pernah membaca tentang trah yang mereka akan pelihara, apa yang perlu mereka siapkan untuk seekor anakan anjing, kewajiban apa yang mereka harus penuhi, komitmen seperti apa yang mereka miliki? dan masih banyak lagi pertanyaan yang saya berikan kepada mereka.
Kalau seorang calon pemilik anjing membaca terlebih dahulu, atau berkonsultasi dengan pembiak/breeder yang benar, maka hal-hal seperti pertanyaan diatas dapat dibagikan dan dishare sesama penghobi, maka kedepannya calon pemilik anjing dapat memahami apa kewajiban seorang pemilik anjing.
Baik, tentang bagaimana mengajari anjing pup dan pis. Bila anjing anda adalah anakan, maka biasanya setelah abis tidur, abis main, abis makan, abis minum, mereka akan melakukan kewajiban mereka. Nah sebagai pemilik, anda harus ingat hal ini, dan bawalah dia ke tempat yang anda inginkan dia untuk pup dan pis. Setiap kali dia pis dan pup, dalam keadaan sedang berlangsung, maka bilang "good pipis" atau "good pupup", sehingga hal ini akan menjadi suatu kondisi kebiasaan klasikal, dimana good =pipis dan good = pupup. Jadi karena anjing belajar dari repetisi/pengulangan, maka disaat tertentu, ketika anda bilang pipis, pupup, maka anjing akan otomatis untuk pipis dan pupup.
Ya, lakukanlan dengan konsisten, saya lakukan hal ini pada semua anjing saya yang saya pakai mereka untuk kompetisi, karena waktu yang kami miliki untuk mempersiapkan anjing, kadang pendek, kadang panjang, tidak tahu, jadi anjing kami harus segera mengerti, apa yang kami harapkan dari dia, pipis atau pupup. Selamat mencoba!
Bila anjing anda remaja, madya atau dewasa, ada beberapa cara, tapi cobalah dengan cara yang paling gampang, bawa anjing anda jalan, kasih dia cium, dan biasanya dia akan pipis dan pupup, dan lakukan hal yang sama kebiasaan klasikal, dan setelah beberapa waktu, maka dia akan pup dan pis di tempat yang telah anda tetapkan.

Tentang membawa anjing jalan, kadang saya sangat bingung, apakah seekor anjing pom bisa menarik pemilik anjing sampai pemiliknya merasa kewalahan? Waktu anjing narik kita, sebenarnya, dia juga cape kok waktu menarik. bukan kita saja yang capek, dia juga capek, nah oleh karena itu, waktu bawa anjing anda jalan, mulailah dari waktu dia usia muda.
Bila anjing anda telah remaja atau madya atau dewasa, ya gunakan prey collar, sediakan makanan dikantong, dan sebelumnya, juga biasakan bila anda panggil anjing anda, dia bisa balik ke kamu, (lakukan latihan yang terpisah), maka waktu jalan dengan anjing anda, tidak akan terlalu susah. Karena kalau anda perhatikan, kenapa anjing itu menarik, dan dia menarik kearah mana? pernahkah anda memperhatikan? apakah dia menarik anda mengelilingi satu komplex rumah? biasanya dia mencium sesuatu dan dia buru2 untuk kesana. Nah bila anda tahu dia menarik karena interesting sesuatu, maka anda bisa mulai ajarin dia, bahwa bila dia tidak menarik, dia boleh kesana. karena kita tidak tahu apa itu yg membuat dia begitu interesting, tapi, kita harus memperhatikan, apa itu dan dimana. jadi sebelumnya berikan koreksi, dia tenang, ok, anda boleh kesana. Dan biasanya sediakan sedikit makanan di kantong anda, karena bila ada hal2 yang ada lakukan seperti koreksi atau pujian, anda selalu ada sesuatu untuk anjing anda. Ingat, anjing belajar karena kebiasaan, repetisi/pengulangan, jadi sekali dia jalan tenang, maka dia akan lakukan terus. dan percayalah, dia lebih memilih jalan tenang, tapi fair terhadap dia juga, kasih kesempatan dia untuk mencium, dan pis dan pup, sehingga dikemudian hari, dia akan tenang jalan, karena dia tahu, bahwa dia akan diberikan kesempatan untuk hal hal tertentu yang merupakan kewajiban dia.
Anjing itu berjalan didepan kita atau sedikit tarik, tidak ada masalah, kalau tidak mampu menahan tarikan anjing yang kita pelihara, ya peliharalah anjing yang kita mampu menahan tarikannya. Itu kewajiban kita untuk tahu, seberapa kemampuan anda. Kenapa demikian? Namanya anjing, binatang bertaring, yang pasti dia akan memperlihatkan aggressionnya pada hal tertentu, nah bila jalan biasa dia tarik saja anda tidak mampu menahannya, bagaimana pas wkt dia menunjukkan aggressionnya? biasanya tenanganya naik 50% lebih, apa yang akan terjadi? Jadi seperti sebelumnya, sebelum mengadopsi, pikirkan terlebih dahulu, anda memiliki kondisi seperti apa, dan apa kemampuan anda, dan anda perlu tahu anjing yang akan anda pelihara.

Tentang menggemukan anjing atau membuat anjing jadi besar, kadang saya ingin tekankan sebenarnya, genetik berpengaruh besar pada hal ini. Bila memang genetiknya besar, ya dia akan besar, kalau kecil ya akan kecil.
Tentang kurus atau gemuk, perhatikan terlebih dahulu anjing apa yang anda miliki, apa yang dia kerjakan, apakah dia pekerja, atau apa? Memang di Indonesia, semua orang suka melihat anjingnya besar, kekar, gemuk, dan sangar, padahal, hal-hal seperti itu bagi kami orang yang deal dengan anjing kerja adalah tidak penting. Kami penting kerjanya, mengenai bentuknya, tidak begitu penting.
Jangan buat malinois menjadi Rottweiller atau GSD menjadi Great Dane, hal ini bknnya enak diliat, tapi kita membuat anjing yang seharusnya bisa agile dan bergerak dengan baik, menjadi kaku atau memiliki masalah tulang dan hal lainnya.
jadi pelajari trah yang anda akan pelihara, dan diskusikan dengan breeder/pembiaknya.
Bila anjing anda terlalu kurus, kadang perhatikan dogfood atau makanan yang dia makan, apakah semua terserap dengan baik, atau kurangnya vitamin dan zat2 lain, atau dogfoodnya tidak cocok untuk dia. Disamping itu, obat cacing, aktifitas ajg tersebut, ruang gerak, tingkat stress, cuaca, juga sangat mempengaruhi hal tersebut.
Selalu perhatikan obat cacing, obat kutu, vaksinasi, merupakan hal yang utama dalam memelihara anjing, karena hal-hal tersebut berguna untuk anjing anda dan juga lingkungannya.
Untuk lebih memahami tentang hal ini, bisa berkonsultasi dengan vet atau breeder, tempat anda membeli anjing, dan biasakan selalu jangan mendapatkan informasi dari 1 source/sumber, dr beberapa sumber, sehingga anda bisa cerna dengan logika anda.

Beberapa hal diatas, merupakan hal yang sangat dasar, dan semoga para breeder atau seller, bila anda ada anjing yang adopsi, selalu jangan lupa tanya kepada yang calon mengadopsi, "apakah anda pemula? apakah anda mengerti? apa yang bisa dibantu?". Jangan kita jual, langsung cuci tangan, karena ingat, bagaimanapun, anjing itu adalah binatang dan dia perlu bantuan dan yang mengadopsi pun perlu bantuan dan pemahaman, dan juga para pemilik dan pecinta doggie, mulailah memahami kewajiban anda dan cobalah dengan step by step. Setelah anda dapat memenuhi kewajiban anda sebagai pemilik anjing, percayalah, anda akan sangat menikmati memiliki seekor anjing sebagai teman anda.

Salam,
Liman

1 komentar: