Jumat, 25 Maret 2016

Merayakan festival holiday di india



Kemaren saya baru saja ikutan Holi Festival. Ini Holi festival pertama saya! Holi Festival atau Festival of Colours ini diadain tiap tahun salah satu festival yang terkenal di India bukan yang terpenting tapi mungkin yang paling populer di kalangan turis.. banyak yang sengaja datang ke India untuk ikut merasakan kemeriahan Holi. Festival ini sangat populer sampai-sampai banyak negara yang ikut mengadakan Festival ini di negara masing-masing tapi tentu saja rasanya akan jauh berbeda jika kita mengikuti Holi Festival di negara asalnya.
Saya ikut kemeriahan Holi di Hampi, sebenarnya Holi Festival itu tidak terlalu popular di Central dan India Selatan lebih untuk India utara, tempat yang paling populer untuk ikut Holi itu di Mathura dan Vrindavan tempat kelahiran Khrisna tapi karena di Hampi Hindunya kental banget dan termasuk sacred place jadi rakyat Hampi ikut  merayakan Holi.
Saya sengaja milih Hampi karena sebelumnya saya lagi traveling di India Selatan dan dari review yang saya baca di Hampi itu Holi Festival sangat aman karena wilayahnya yang kecil penduduknya juga sedikit dan lebih perayaannya lebih tradisional bukan semacam party. Tapi walau begitu tetaap meriaaah dan fun!
Aman karena perayaan di Hampi tidak terlalu besar jadi hal-hal yang tidak diinginkan yang kerap dilaporkan saat Hampi bisa saya hindari.
Juga karena Hampi itu tempat suci Alkohol tidak diperbolehkan disini jadi perayan Holi benar-benar bebas alkohol sehingga semuanya dibawah kontrol!

Sooo perayaanya dimulai di tgl 23 April sore hari anak-anak sudah mulai menabuh drum dan sekitar jam 10.30 malam dimulai tari-tarian dan bonfire! Acara tari-tari dan api unggun sampe dengan tengah malam.
Paginya mulai jam 8 orang2 udah mulai berkumpul saling melempar powder warna-warni sambil mengucapkan selamat Holi.
Enaknya perayaan Holi di Hampi wilayahnya kecil banget jadi kita benar-benar merasa aman dan enjoy dengan festivalnya ga crowded, ga desak-desakan dan rasanya satu turis dan yang lain saling kenal secara kotanya kecil jadi semacam loe lagi loe lagi.. ketemu pas lagi ngejar sunrise ngejar sunset makan siang makan malam bike tour.. jadi sesama turis itu udah kaya sekumpulan teman lagi traveling bareng!
Turis dan penduduk lokal yang memeriahkan holi berjalan berkeliling Hampi diiringi tabuhan drum, anak-anak digendong turis-turis.. bule-bule itu pada baek-baek mereka manggul anak-anak di pundak dan menari ngikutin tabuhan drum.
Kita saling melempar bubuk warna-warni dan air warna-warni semua orang ketawa. Festivalnya Fun banget..!

Sooo Happy Holi!

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
    beri 4 angka [9116] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI SUBALA JATI,,di no (((085-342-064-735)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 670 JUTA , wassalam.

    BalasHapus